Warga Honduras Kembali Pergi ke AS - Warga Honduras Kembali Pergi ke AS

Ribuan Warga Honduras Kembali Pergi ke AS Demi Lari dari Kemiskinan

Warga Honduras Kembali Pergi ke AS – Para imigran tersebut berharap agar dapat mencapai Meksiko dan kemudian menyeberangi perbatasan utara menuju Amerika Serikat. Sejak hari hari Kamis ribuan warga Honduras bergerak menuju ke Amerika Serikat. Masyarakat Honduras yang didominasi oleh perempuan dan laki-laki muda beserta anak-anak ini mulai memasuki perbatasan Honduras-Guatemala.

Dilansir dari RT, sebagian para migran datang di pagi hari dan APK IDNPlay Poker terus berlanjut hingga siang hari. Bahkan sebagian diantaranya memaksa masuk ke wilayah Guatemala secara ilegal, akibatnya petugas yang kewalahan terpaksa membiarkan rombongan tersebut untuk masuk.

Meksiko bersedia membantu AS untuk menangkap imigran ilegal yang melintasi wilayahnya

Mengutip dari The Wall Street Journal, Meksiko yang juga sebagai jalur masuknya imigran asal Amerika Tengah bersedia membantu AS menangani masalah imigran, sesuai permintaan Presiden Donald Trump. Sebelumnya pemerintah Meksiko sudah meningkatkan penegakan hukum terkait migrasi yang masuk ke wilayahnya.

Bahkan pada awal tahun ini saja, Meksiko menangkap dan mendeportasi lebih dari 2.000 migran yang hendak menuju ke perbatasan AS. Pada hari Kamis Badan Imigrasi Meksiko sudah memberi peringatan bahwa akan menangkap siapapun yang mencoba masuk ke Meksiko secara ilegal. Terlebih pada masa pandemi virus corona.

Adanya migran didorong melemahnya ekonomi Honduras selama pandemi

Sekitar 3.000 warga Honduras mulai datang ke pintu perbatasan Corinto menggunakan bus pada hari Kamis. Mayoritas imigran berasal dari Kota San Pedro de Sula yang ada di sebelah utara negara Amerika Tengah tersebut, dilansir dari CNN.

Melansir dari Reuters, adanya rombongan imigran yang hendak menuju ke AS disebabkan situasi perekonomian yang semakin sulit di Honduras. Bahkan akibat pandemi dan lockdown ketat, Honduras mengalami pelemahan ekonomi terbesar dalam sejarah. Rombongan karavan asal Honduras menuju ke AS ini jadi yang pertama dan terbesar di tahun 2020 ini.

Dapat meningkatkan popularitas Donald Trump dalam masa kampanye

Adanya rombongan karavan imigran asal Honduras yang menuju ke AS. Bisa menjadi momentum bagi Presiden Donald Trump untuk meningkatkan amunisinya demi memenangkan pemilu AS tahun ini. Menurut laporan The Wall Street Journal, isu terkait imigran menjadi salah satu kebijakan prioritas Donald Trump untuk memenangkan pemilu AS empat tahun lalu.

Bahkan sejak tahun 2018 sudah terdapat tujuh rombongan karavan dari Amerika Tengah. Imigran yang utamanya berasal dari Honduras dan El Salvador tersebut melarkan dirii ke AS guna mencari kehidupan yang layak dan menghindari kekerasan di negaranya, dikutip dari The Wall Street Journal.