Anak Muda yang Salip Jack Ma

Anak Muda yang Salip Jack Ma

Anak Muda yang Salip Jack Ma – Colin Huang pendiri dan CEO ecommerce China, Pinduoduo, didapuk sebagai orang terkaya kedua di China.

Posisi Colin Huang ini bahkan menggeser posisi pendiri Alibaba, Jack Ma. Forbes Real-Time Billionaire Index mengumumkan kekayaan Huang saat ini mencapai US$45,4 miliar.

Kekayaan Huang ini berada di bawah orang terkaya China saat ini, yakni CEO Tencent Holdings Ma Huateng alias Pony Ma. Forbes Real-Time Billionaire Index menyebut kekyaan Pony Ma saat ini diperkirakan mencapi US$51,5 miliar.

Colin Zheng Huang berhasil mengumpulkan kekayaan senilai US$ 44,6 miliar atau sekitar Rp 624 triliun. Harta tersebut dikumpulkannya di usia yang sangat muda, 40 tahun.

Jumlah harta Colin Huang tersebut membuatnya kini menyalip pendiri Alibaba, Jack Ma yang pada 2019 menjadi orang terkaya nomor satu di China. Harta Jack Ma saat ini tercatat sebesar US$ 44,1 miliar.

Padahal Colin Huang di 2019 masih berada pada urutan tujuh orang terkaya di Negeri Tirai Bambu tersebut. Colin pun kini menjadi buah bibir banyak orang.

Kenaikan kekayaan Colin Huang ini dibantu dari kenaikan saham Pinduoduo yang dipimpin Huang. Saham Pinduoduo naik 6 persen ke level tertinggi sepanjang masa, yakni US$87,58 di perdagangan Nasdaq, Jumat.

Untuk mengenalnya lebih dekat, simak empat fakta mengenai Colin Zheng Huang, anak muda yang berhasil menyalip jumlah harta Jack ma.

Awali Karir di AS

Colin merupakan lulusan master ilmu komputer dari University of Wisconsin di Madison, AS. Huang mengawali karirnya pada tahun 2004 dengan bekerja di Google, AS, setelah sebelumnya magang di Microsoft Beijing dan Seattle.

Kaya Raya Berkat e-Commerce

Colin Huang merupakan CEO perusahaan e-commerce Pinduoduo atau PDD. Pinduoduo adalah perusahaan yang didirikan oleh Huang pada 2015 lalu.

Dalam waktu cepat, perusahaanya berhasil menjadi perusahaan ritel terbesar di China dengan nilai kapitalisasi pasar sebesar US$ 104 miliar. PDD bersaing ketat dengan JD dan Alibaba, perusahaan yang didirikan Jack Ma.

Sebelum mendirikan Pinduoduo ini, Huang memiliki Xinyoudi Studio untuk pengembangan game online dan Ouku.com sebuah platform online untuk alat elektronik dan peralatan rumah tangga.

Perusahaanya juga mendapatkan pendanaan dari investor seperti Tencent, Sequoia China Neil Shen. Kenaikan saham Pinduoduo yang signifikan juga mendorong co-founder Gaorong, Zhang Zhen dan Gao Xiang menjadi member Midas tahun ini.

Kekayaan Naik 300%

Kekayaan Huang naik karena saham Pinduoduo melesat 6% menjadi US$ 87,58 di perdagangan Nasdaq. Saat ini ia memiliki kekayaan sebesar US$ 45,4 miliar. Sedangkan kekayaan Jack Ma saat ini sebesar US$ 43,9 miliar.

Kekayaan Huang naik hingga 300% hampir mendekati kekayaan bos Google Larry Page sebesar US$ 64,3 miliar dan Sergey Brin US$ 62,6 miliar. Pada tahun ini, Colin menempati posisi 57 daftar orang terkaya di dunia.

Masih Kalah dari Ma Huateng

Kekayaan Colin Huang saat ini tercatat masih berada di bawah orang terkaya China saat ini, yakni CEO Tencent Holdings Ma Huateng alias Pony Ma. Forbes Real-Time Billionaire Index mencatat kekayaan Pony Ma saat ini diperkirakan mencapi US$ 51,5 miliar.

Kekayaan Ma Huateng berasal dari kenaikan saham Tencent. Tencent telah berhasil bercabang ke arena lain juga, seperti penyedia cloud, usaha intelijen buatan dan hiburan.