Otto Hasibuan Sambangi Joko Tjandra

Otto Hasibuan Sambangi Joko Tjandra

Otto Hasibuan Sambangi Joko Tjandra, – Kuasa hukum terpidana cessie bank Bali, Joko Tjandra yakni Otto Hasibuan mengatakan akan mendatangi Gedung Bareskrim Polri guna bertemu dengan Joko.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Divisi Humas Polri, Brigjen Pol. Awi Setiyono mengatakan bahwa Joko Tjandra sudah menunjuk Otto Hasibuan sebagai kuasa hukumnya untuk menghadapi perkara di Mabes Polri terkait dengan pembuatan Surat jalan sakti dari Brigjen Pol Prasetijo Utomo. Dan Surat Keterangan Bebas COVID-19.

“Jadi, ketemu (Joko Tjandra) nanti sore,” kata dia saat dikonfirmasi hari Senin. Otto mengatakan bahwa nanti dia akan menyampaikan dan menanyakan beberapa hal penting pada Joko. “Tentu kita tanya apa yang diinginkan, apa yang bisa kita bantu. Itu hal-hal penting,” ujarnya

Hal penting yang akan dibicarakan dengan Joko

Dia mengatakan bahwa ada beberapa hal yang perlu disampaikan pada Joko. Mulai dari putusan PK Joko yang dianggap sudah batal dan tidak boleh ada penahanan kepada Joko.

“Ada beberapa hal bahwa sebenarnya putusan PK itu batal demi hukum, karena dalam amar putusan, tidak ada kata-kata ‘memerintahkan terdakwa untuk ditahan’. Berdasar Pasal 197 KUHAP, maka putusan PK itu batal demi hukum. Kalau sudah batal, penahanan yang dilakukan tidak sesuai, tidak sah karena tidak ada dasar hukumnya,” kata dia.

Dia jadi kuasa hukum untuk kasus di Mabes Polri

Dia mengatakan bahwa dirinya baru mendapatkan tugas untuk menjadi kuasa hukum kasus di Mabes Polri, karena terlibat dalam kasus surat jalan yang dikeluarkan Brigjen Prasetijo Utomo untuk pergi keluar negeri. Dan terkait dengan pembuatan Surat Keterangan Bebas COVID-19.

“Saya tanya tadi bahwa urusan dia di Mabes Polri ini ternyata tidak memberikan kuasa kepada yang lama, jadi saya tidak ada terkait. Menurut Pak Joko yang diberikan kuasanya itu (Anita Kolopaking) untuk PK, untuk PK saya katakan saya tidak kerjakan, kecuali sudah ada penyelesaian dengan pengacara yang lama,” kata Otto.

Bareskrim Polri juga sudah resmi menyerahkan Joko Tjandra pada Kejaksaan Agung (Kejagung). Tetapi dia akan tetap di Bareskrim Polri dan dititipkan di Rutan Salemba cabang Mabes Polri.

Otto jadi kuasa hukum Joko Tjandra

Untuk diketahui, Otto Hasibuan memutuskan menjadi kuasa hukum Joko. Hal itu disampaikan Otto usai bertemu Joko Tjandra di Rutan Salemba cabang Mabes Polri, Sabtu, 1 Agustus 2020, malam.

“Saya baru ketemu dengan Pak Joko Tjandra, karena memang dari keluarga sudah mendesak supaya saya segera bertemu dengan beliau. Dan akhirnya bisa bertemu, dan saya bicara panjang lebar mengenai kasus ini. Akhirnya setelah kita berbincang bersama beliau, saya memutuskan untuk bisa menerima permintaan untuk jadi pengacara dia,” kata Otto kepada awak media.