Mau Coba Cara Jadi Warga Negara Kanada - Mau Coba Cara Jadi Warga Negara Kanada

Mau Coba Cara Jadi Warga Negara Kanada? Ini Prosedurnya

Mau Coba Cara Jadi Warga Negara Kanada – Bagi sebagian warga Indonesia, Ottawa memang terdengar asing karena nama ibu kota Kanada itu tidak sepopuler kota Kanada lainnya seperti Toronto, Montreal, dan Vancouver, kota-kota metropolitan pusat bisnis di Kanada. Gelombang protes dari publik Indonesia terkait dampak dari pengesahan UU Omnibus Law Cipta Kerja kian riuh pada Selasa.

Setelah ramai penyampaian aspirasi di media sosial dengan berbagai intonasi, kini masyarakat ingin berganti kewarganegaraan, sebab tak sedikit masyarakat yang ingin keluar dari Republik Indonesia dan menjadi warga negara lain karena kecewa dengan Pemerintah Indonesia.

Salah satu negara yang konon jadi destinasi favorit banyak orang untuk berganti kewarganegaraan adalah Kanada. Lalu bagaimana, sih, cara Deposit Poker IDNplay Pulsa pindah kewarganegaraan ke Kanada?

Paket yang disediakan Pemerintah Kanada untuk ajukan kewarganegaraan

Lalu bagaimana cara mengajukan perpindahan kewarganegaraan di Kanada? Ada beberapa paket aplikasi yang disediakan Pemerintah Kanada, berikut beberapa contohnya:

  • Dewasa (usia 18 atau lebih).
  • Orangtua (atau wali) yang mendaftarkan anak (usia di bawah 18 tahun).
  • Anak berusia di bawah 18 tahun tanpa orang tua asal Kanada dan mendaftar sendiri.
  • Usia dewasa yang bertugas sebagai angkatan bersenjata di Kanada.
  • Serta orang tanpa kewarganegaraan yang lahir dari orang tua kanada.

Selain itu, untuk mengajukan kewarganegaraan kita perlu membayar biaya aplikasi.

Syarat untuk jadi warga negara Kanada

Dikutip dari laman resmi Pemerintah Kanada yakni canada.ca, ada sejumlah syarat yang harus dipenuhi. Salah satunya adalah kamu wajib melamar supaya memenuhi syarat sebagai warga negara Kanada, di mana setidaknya harus tinggal di Kanada selama 3 atau 5 tahun terakhir. Kemudian, kamu juga harus sudah memenuhi pajak, lulus tes kewarganegaraan, dan mampu menunjukkan kemampuan berbahasa yang baik dan benar, terutama bahasa Inggris dan Prancis.

Namun, karena saat ini pandemik COVID-19 masih berlangsung, proses pengajuan kewarganegaraan Kanada akan memakan waktu 12 bulan. Waktu tersebut sudah termasuk tes, wawancara, hingga upacara perpindahan kewarganegaraan.

Menjalani tes dan wawancara terkait pengetahuan tentang Kanada

Selanjutna, pelamar paspor Kanada akan menghadapi tes untuk bisa menjadi warga negara Kanada. Setiap tes juga akan berbeda, tergantung siapa yang melamarnya. Tidak semua kategori pelamar akan melewati sesi wawancara.

Tes akan berisi kemampuan seseorang memahami Kanada, di mana ada 20 pertanyaan tentang hak dan tanggung jawab orang Kanada serta berbagai hal mulai dari sejarah, geografi, ekonomi, pemerintah, hukum, dan simbol negara.

Tes bisa dipelajari melalui beberapa format, baik itu daring, suara, atau mengunduh file PDF dan buku elektronik. Tes akan dilakukan dalam Bahasa Inggris dan memakan waktu selama 20 menit. Perlu 15 jawaban yang benar untuk bisa lulus tes ini.

Setelah semua proses dilakukan, seseorang akan menjalani upacara kewarganegaraan. Nah di saat ini, warga negara Kanada yang baru saja mendapatkan paspor barnya akan menyanyikan lagu kebangsaan Kanada yakni O Canada.