Dari Properti hingga Mobil Mewah Milik Raja Salman

Dari Properti hingga Mobil Mewah Milik Raja Salman

Dari Properti hingga Mobil Mewah Milik Raja Salman – Raja Salman bin Abdulaziz bukanlah pemimpin negara pertama yang berkunjung ke Indonesia. Namun kedatangannya mengundang banyak pembicaraan di media massa dan media sosial. Ini disebabkan sudah lama sekali Raja Arab Saudi tidak berkunjung kemari. Selain itu juga karena persiapan penyambutannya yang jauh lebih mewah dibandingkan penyambutan kepala negara lain. Salah satu persiapan yang paling menghebohkan adalah eskalator khusus yang dikirim dari Arab Saudi untuk membantu Raja Salman turun dari pesawat.

Selain eskalator khusus, masyarakat juga dihebohkan dengan jumlah rombongan Raja Salman yang mencapai 1.500 orang. Tentu tidak mudah mengkoordinir orang sebanyak itu. Biaya yang dibutuhkan tidak sedikit. Diperkirakan, kunjungan ini menghabiskan biaya puluhan milyar. Untuk tiket pesawat saja mereka sudah mengeluarkan kocek 20 milyar. Belum lagi ditambahkan dengan dengan sewa kamar hotel dan transportasi darat yang juga serba mewah.

Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz Al Saud kembali mendapat perhatian publik karena penyakit yang dideritanya. Saat ini, sang raja mendapat perawatan di King Faisal Specialist Hospital karena radang kantung empedu (kolesistitis).

Raja Salman adalah raja Arab Saudi ke-7 menggantikan saudaranya Abdullah bin Abdulaziz Al Saud yang meninggal dunia pada 23 januari 2015 yang lalu. Kini, dialah pewaris Wangsa Saud yang menjaga 2 kota suci yaitu Makkah dan Madinah.

Arab Saudi menduduki peringkat ke-14 negara terkaya di dunia. Bagaimana rakyatnya menghabiskan uang saja sudah bikin geleng kepala. Tidak mengherankan jika rajanya memiliki harta yang berlimpah dan terbiasa dengan pelayanan mewah. Tapi dengan kemewahan yang agak berlebihan ini, kita jadi bertanya-tanya.

Raja Salman pernah menduduki sejumlah jabatan penting lainnya di Arab Saudi

Kepemimpinan Raja Salman Bin Abdulaziz tidak diragukan lagi karena ia sudah cukup berpengalaman di dalam dunia pemerintahan. Dia pernah menjabat sebagai Wakil Gubernur Riyadh dan kemudian Gubernur Riyadh pada 1963-2011, Menteri Pertahanan pada 2011, hingga menjadi Putra Mahkota pada 2012.

Dia dinobatkan menjadi Raja Arab Saudi sejak 2015 hingga sekarang. Sederet pengalaman sebelum itu, menjadi bekalnya memimpin Arab Saudi menjadi negara makmur di Timur Tengah dan Asia.

Raja Salman memiliki banyak fasilitas mewah, mulai dari tempat tinggal hingga kendaraan

Menjadi seorang raja, tentu memiliki fasilitas yang tidak biasa. Raja Salman membangun istana baru bernama Erga Palace di Riyadh, Arab Saudi. Tempat ini merupakan tempat eksklusif untuk menjamu tamu kenegaraan.

Raja Salman juga memiliki kapal pesiar pribadi dengan fasilitas mewah nan lengkap. Besar kapal pesiar tersebut kiranya sepanjang lapangan sepak bola.

Raja Salman pun kerap liburan dengan biaya mewah bersama keluarga kerajaan. Terakhir, dia diketahui berlibur ke Maladewa dengan menyewa tiga pulau resor. Total biaya wisata keluarga kerajaan itu mencapai US$30 juta atau setara dengan Rp400 miliar.

Harta kekayaannya diprediksi mencapai Rp240 triliun

Raja Salman memiliki kekayaan yang melimpah. Dilansir gazettereview.com, kekayaan Raja Salman ditaksir mencapai US$18 miliar atau setara dengan Rp240 triliun. Kekayaannya ini bersumber dari berbagai hal mulai dari warisan hingga investasi di beberapa perusahaan properti dan minyak.

Dengan kekayaan yang begitu berlimpah, Raja Salman pun gemar menghibahkan hartanya untuk beramal. Hingga saat ini, Kerajaan Arab Sudi telah menyumbang sebanyak US$115 miliar untuk 90 negara di dunia.