Cara Bagaimana Dapat Mainan Incaran Anda

Cara Bagaimana Dapat Mainan Incaran Anda

Cara Bagaimana Dapat Mainan Incaran Anda – Anda seorang kolektor mainan atau baru akan mengoleksi mainan, Anda bisa mengikuti cara ini untuk melengkapi koleksimu. Anda juga bisa mendapatkan mainan dengan kualitas yang oke dan dengan harga yang terjangkau. Misal saja beberapa jenis mainan seperti action figure, model kit, statue, boneka atau lainnya.

1. Tahu mainan apa yang ingin Anda koleksi

Dari sekian banyak mainan, pilih dulu jenis apa yang ingin Anda koleksi. Anda bisa cek jenisnya dari Google. Misalnya Figuarts Zero, SH Figuarts, Real Action Heroes, Variable Action Heroes, World Collactable Figure, Hot Toy, Gundam Plastik Model, dan masih banyak lainnya.

Kalau Anda bingung dengan jenisnya, Anda bisa memilih mainan dari film atau anime yang Anda suka. Misal Marvel series, DC series, Pokemon, Digimon, Doraemon, Crayon Shinchan dan masih banyak lagi.

Cukup ketik di Google nama karakter atau film tersebut dan tambahkan kata ‘figure’ atau ‘action figure’. Sebagai catatan, mainan juga ada versi KW atau bootleg. Mainan KW tentu tidak sebagus yang asli meski harganya jauh lebih murah. Namun, ada juga yang suka mengoleksi mainan KW.

2. Beli mainan yang ada minusnya

Jangan takut beli mainan yang ada minusnya seperti patah atau cat yang mengelupas. Seperti yang saya bilang di atas, yang penting komponennya lengkap.

Anda bisa memperbaiki mainan yang rusak ini di sejumlah tempat perbaikan mainan. Saya sering menggunakan jasa perbaikan mainan seperti Ridho Bengkel Toys yang sudah terpercaya. Hasilnya pun memuaskan dan mainan saya tampak oke.

3. Cek di online marketplace dan cari harga perbandingan

Anda bisa menemukan banyak mainan di online marketplace seperti Tokopedia dan Bukalapak. Saya pribadi sering mendapatkan mainan yang saya suka dari dari kedua tempat tersebut.

Gunakan filter untuk menentukan kondisi mainan baru atau bekas. Lalu perhatikan barang sejenis, lokasi dan promo yang ada. Dengan melakukan itu Anda akan mendapatkan gambaran harga dan bisa mendapatkan mainan dengan harga yang murah.

4. Jangan ragu beli mainan bekas

“Kalau mainan bekas atau sudah rusak kenapa dibeli? Kan gak bagus?” Eits, jangan salah. Mainan bekas belum tentu rusak. Selain harganya yang pasti lebih murah, mainan bekas juga kebanyakan masih layak kok.

Anda hanya harus memastikan mainan itu tidak rusak parah dan komponennya atau bagiannya masih utuh. Banyak kok penjual atau kolektor yang menjual mainannya karena butuh uang atau sudah bosan. Anda bisa menanyakan kondisi tersebut ke penjual. Jangan malu untuk bertanya selengkapnya hingga nego harga.

5. Cek juga forum atau komunitas mainan di media sosial dan ikut lelang

Salah satu forum atau komunitas mainan paling banyak ada di Facebook. Selain forum, di sini juga ada komunitas jual beli mainan. Anda dapat menemukan ragam jenis mainan seperti yang saya sebut di poin nomor 1.

Anda juga mendapatkan harga mainan relatif lebih murah dengan mengikuti lelang. Beberapa penjual memang sudah terpercaya menjual mainan secara transfer langsung. Namun jika Anda masih ragu dan khawatir ditipu, Anda bisa meminta penjual untuk membuatkan link di online marketplace.

6. Perhatikan tanggal-tanggal dan hari besar

Biasanya ada penjual yang memberikan promo di hari-hari besar seperti diskon 17-an, diskon lebaran, diskon awal bulan dan sebagainya. Tapi jika Anda memang benar-benar bernafsu atau niat mencari, paling tidak Anda harus cek online marketplace dan forum komunitas sehari sekali.

***

Selamat hunting mainan!