Panduan BCA Bisnis

Panduan BCA Bisnis,Perkembangan bisnis yang terus tumbuh pesat seiring dengan teknologi yang semakin canggih disambut baik oleh BCA untuk memperluas jaringan dan menambah fitur-fitur baru yang relevan terhadap kebutuhan nasabahnya. Melalui KlikBCA yang telah menjadi fitur andalan, kini fitur internet banking tersebut semakin disempurnakan dengan hadirnya KlikBCA Bisnis sebagai penunjang kebutuhan para nasabah dalam  mengelola keuangan bisnis. yang telah kita rangkum dalam Acelaw

yang disupport oleh Download Aplikasi IDNPlay

 

Apa Itu BCA Bisnis?

BCA memahami bahwa nasabahnya selalu menggunakan bank untuk mempermudah pengelolaan keuangan dan transaksi bisnis. Hal ini yang membuat BCA terus berinovasi dalam memberikan pelayanan pada nasabah khususnya untuk kemudahan bisnis. Hal yang dilakukan adalah melakukan pengembangan dari fitur yang sudah ada seperti pengembangan internet banking yang dulunya digunakan untuk kebutuhan pribadi, dikembangkan menjadi kebutuhan bisnis dengan nama BCA Bisnis. Diharapkan dengan adanya fitur ini akan memudahkan pengelolaan keuangan bisnis sehingga tidak perlu datang ke bank dan mengantri karena bisa diakses melalui laptop atau komputer dengan bantuan sambungan internet.

Tujuan BCA Bisnis

Ujung tombak kesuksesan sebuah bisnis adalah pengelolaan keuangan yang baik dan sehat. Tentu pengelolaan keuangan yang efisien, mudah, dan aman akan membuat bisnis berjalan dengan baik.Hal ini yang menjadi tujuan utama dibuatnya fitur ini untuk para nasabahnya. Beberapa tujuan dikembangkannya internet banking BCA Bisnis ini antara lain:

 

  • Mempermudah transaksi tanpa harus mengantri di bank karena semua proses bisa dilakukan lewat komputer dimanapun nasabah berada.
  • Mengamankan transaksi agar pengelolaan uang menjadi lebih tenang karena menggunakan VPN dan KeyBCA.
  • Menyederhanakan fitur transaksi agar lebih mudah dan cepat digunakan.

Cara Memakai BCA Bisnis

Salah satu tujuan dari penggunaan BCA Bisnis adalah untuk mengoptimalkan keamanan dalam transaksi bisnis, mengingat jumlah transaksi keuangan dalam layanan ini tidak terbatas. Untuk mendukung aktivitas ini maka proses akses internet menggunakan VPN (Virtual Private Network). Koneksi internet yang menggunakan VPN adalah koneksi jaringan internet virtual yang memungkinkan kamu terkoneksi ke jaringan publik dengan aman karena semua data yang dkirimkan akan terenkripsi sehingga menjamin kerahasiaan data.

Teknologi ini danggap aman karena VPN menggunakan protokol dan jalur internet yang berbeda. Keamanan ini menjadi poin penting untuk memberikan pelayanan optimal kepada nasabah dalam bertransaksi tanpa batas. sehingga cara menggunakan Klik BCA Bisnis yang ideal sudah dkatakan optimal. Dalam penerapannya, VPN memiliki tiga fungsi utama, yaitu kerahasiaan, keutuhan data, dan autentikasi sumber.

Untuk merancang sistem informasi berbasis VPN ini, BCA menggunakan VPN Tarumanagara untuk menjamin keamanan internet banking. Transaksi bisnis dari BCA bisnis ini menggunakan VPN Tarumanagara dan KeyBCA yang harus datur pada saat verifikasi.

1. Cara Login Internet Banking BCA Bisnis

Kamu bisa menggunakan BCA Bisnis VPN dengan mengakses VPN Tarumanagara dengan cara berikut ini. Setelah melakukan pengaturan, kamu bisa mengetahui cara login klikBCA Bisnis dengan baik.

  • Akses dan login vpn.tarumanagara.com
  • atau bisa juga melalui https://vpn.klikBCA.com login
  • Kemudan isi Username terdaftar dalam bentuk alfanumerik
  • Isi Password dari KeyBCA
  • Isi Corporate ID, User ID, dan password yang sama dari KeyBCA
  • Login
  • Tampilan layar masuk ke Beranda

Sebelum adanya VPN Tarumanagara, proses Log In bisa dlakukan dengan menginstal terlebih dulu aplikasi VPN Client  PC atau laptop pribad. Namun dengan adanya fitur terbaru ini, maka akses ke jaringan semakin permudah dan tentunya jauh lebih aman. Sebelum bisa mengakses VPN Tarumanagara, kamu harus melakukan registrasi terlebih dahulu d Kantor cabang BCA dengan mengisi formulir beserta lampiran bukti legalitas usaha. Setelah itu Kolom Limit dan User ID bisa diisi dengan ketentuan berikut ini:

Cara Login Internet Banking BCA Bisnis
  • Nama
  • Nomor KTP atau SIM atau Paspor atau KITAS/KITAP
  • User ID dalam wujud alfanumerik
  • Nomor handphone
  • Level, diisi M untuk Maker, R untuk Releaser, atau MR untuk Maker dan Releaser
  • Limit per transaksi
  • Keterangan: Baru, Ubah, atau Hapus

Layanan dari BCA Bisnis raja ini dbagi menjad 2 yaitu single otorisasi (1 maker dan 1 releaser), serta multi Otorisasi (1 Marker, 0-9 Approver, dan 1-9 Releaser). Kamu bisa menyesuaikan pilihan ini sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

Dalam pengelolaannya terdapat istilah Maker, yaitu User ID yang bertugas membuat transaksi dan dkirim untuk mendapatkan persetujuan releaser. Sementara itu Releaser adalah User ID bertugas untuk mengotorisasi transaksi atau membatalkan transaksi yang dkirim ke BCA.

Informasi terkait User ID yang dcantumkan saat registrasi adalah User ID yang akan gunakan untuk Login ke VPN Tarumanagara. Kemudian isi password yang dapat dari KeyBCA. Dalam lembaran pengisian formulir harus disertakan dengan tanda tangan drektur perusahaan dan materai Rp6 ribu. Perlu catat juga bahwa layanan bank ini hanya bisa dgunakan oleh perusahaan yang menggunakan layanan Giro BCA dan Tahapan Gold BCA.

2. Cara Login VPN Tarumanagara

Setelah proses registrasi selesai maka kamu sudah memiliki rekening BCA Bisnis dengan beberapa informasi seperti Corporate ID, User ID, KeyBCA, dan juga PIN KeyBCA. Untuk Log In pertama kali, ada baiknya kamu mengganti PIN KeyBCA terlebih dahulu. Adapun langkah-langkah penggantian PIN KeyBCA adalah sebagai berikut:

  • Tekan tombol start
  • D layar KeyBCA tekan “PIN”
  • Masukkan PIN KeyBCA yang ddapat dari BCA
  • Tekan “NEW PIN”
  • Masukkan PIN KeyBCA yang baru (6 angka)
  • Tekan “PIN CONF”
  • Masukkan PIN KeyBCA sekali lagi
  • Saat pin sudah dmasukkan, tekan “APLI –“
  • Setelah selesai tekan “Finish”

Setelah mengganti PIN KeyBCA, kamu bisa lanjut untuk mengaksesnya dengan menggunakan VPN Tarumanagara. Berikut ini langkah-langkah Login VPN klikBCA Bisnis melalui VPN Tarumanagara.

  • Log in vpn.tarumanagara.com
  • Masukkan Username yang ddaftarkan dalam bentuk alfanumerik
  • Masukkan password dari KeyBCA
  • Isi Corporate ID, User ID, dan password yang sama dari KeyBCA. Kemudan tekan “Log In”
  • Akses untuk menggunakan semua fitur sudah bisa djalankan

Cara Daftar Internet Banking BCA Bisnis

Sebelum menikmati akses BCA Bisnis d perangkat pribad menggunakan VPN Tarumanagara, maka ada beberapa hal yang perlu dlakukan untuk daftar internet banking fitur bisnis ini. Beberapa syarat yang perlu dperhatikan adalah:

  • Mendatangi kantor cabang BCA untuk membuka rekening bisnis
  • Mengisi formulir pendaftaran
  • Melengkapi dokumen yang dperlukan

Setelah permohonan ini dproses, maka selanjutnya pemohon akan mendapatkan Corporate ID, User ID, KeyBCA, VPN Installer, manual penggunaan, dan juga PIN KeyBCA yang akan dkirimkan secara terpisah.

Untuk memahami panduan penggunaan KlikBCA Bisnis ini, memang perlu penyesuaian dengan beberapa langkah d awal. Namun nantinya cara penggunaan KlikBCA Bisnis ini sangat mudah. Demi kenyamanan bersama dalam penggunaan akses bisnis ini, beberapa hal perlu dperhatikan antara lain:

  • Pastikan User ID, KeyBCA, dan PIN KeyBCA hanya dketahui oleh pemilik akun
  • Lakukan Logout setiap kali meninggalkan komputer atau setelah selesai melakukan transaksi perbankan.
  • Pastikan jaringan internet stabil dan hindari mengakses internet melalui jaringan publik. Jika koneksi internet tidak baik, bisa jai KlikBCA Bisnis tidak bisa login.

Cara Transfer dari Klik BCA Bisnis

Untuk mendukung kelancaran transaksi para nasabah yang menggunakan fitur halo BCA Bisnis, maka ada banyak jenis transaksi yang bisa dpilih sesuai dengan kebutuhan. Ada banyak cara transfer dari klik BCA Bisnis yang bisa dlakukan oleh para nasabah. Beberapa jenis transaksi untuk transfer bisa dlakukan dengan fitur-fitur yang berbeda, antara lain:

1. Payroll

Jenis transaksi ini memungkinkan pemilik akun untuk membayar gaji karyawan ke rekening tujuan BCA. Beberapa hal yang perlu perhatikan untuk menggunakan fitur Payroll ini adalah:

  • Pastikan ketersedaan dana minimal H-1 sebelum transaksi untuk menghindari gagal transaksi.
  • Hindari kesalahan kredt dengan memastikan semua data yang masukkan sudah benar dan sesuai.

2. Payroll contingency

Jenis transaksi ini memungkinkan kamu untuk membayar gaji dengan tujuan rekening BCA yang berjalan pada hari yang sama saat proses upload.

3. Auto collection

Jenis transaksi ini memungkinkan kamu untuk mentransfer ke satu rekening tujuan dari banyak rekening asal. Pastikan juga semua rekening debit sudah terdaftar sertai dengan surat kuasa pendebetan rekening.

4. BCA Virtual Account

Jenis transaksi ini memungkinkan kamu untuk melakukan multi-transaksi dalam waktu singkat yang akan memudahkan perusahaan mengidentifikasi kiriman dana yang terima dalam waktu bersamaan.

5. Registrasi kartu (fleet)

Jenis transaksi yang memberikan kemudahan dalam pengelolaan biaya operasional transportasi dengan bantuan Kartu Flazz.

6. Business card

Jenis transaksi ini merupakan layanan untuk memudahkan nasabah melakukan request, aktivasi, hapus, dna pengaturan dalam Kartu Business Debit Card. Fitur kartu Business Debit Card ini berikan kepada nasabah untuk mengelola aktivitas keuangan seperti arus kas masuk dan keluar dari internal perusahaan.

7. Informasi pinjaman

Jenis transaksi ini memudahkan kamu untuk menggunakan fasilitas B2B KBB untuk melakukan inquiry plafon pinjaman, aktivitas pinjaman, dan jadwal pembayaran pinjaman.

8. B2B e-Commerce

Jenis transaksi ini memungkinkan kamu untuk mentransfer dana atas transaksi B2B 3-commerce yang lakukan dengan perusahaan yang telah bekerjasama dengan BCA.

9. Fasilitas e-billing pajak

Fitur ini memungkinkan nasabah dalam melakukan pembayaran pajak. Adapun akses pajak yang bisa lihat oleh nasabah adalah:

  • Daftar data pajak, memungkinkan nasabah memasukkan data detail wajib pajak secara satuan untuk mendapatkan kode billing dari sistem DJP online.
  • Pembayaran e-billing pajak, memungkinkan pembayaran pajak secara satuan menggunakan akun e-billing.
  • Upload e-Billing pajak, memungkinkan nasabah untuk membayar pajak secara bulk dengan cara mengunggahnya sistem.

10. MFTS Realtime

Jenis transaksi ini memungkinkan kamu melakukan debit ke banyak rekening pihak ketiga dengan mengkredtkan salah satu rekening dengan proses secara realtime.

Jenis transaksi ini memungkinkan kamu untuk melakukan Multi Auto-Collection, yaitu melakukan penagihan sejumlah dana dari berbagai pihak tertagih bank untuk dkredtkan ke satu rekening penagih. Lalu kemudan ada juga Multi Auto-Transfer, mana kamu bisa bisa melakukan transfer dari satu atau lebih rekening sumber dana untuk dikirimkan ke sejumlah rekening lain, baik rekening BCA, bank lain, dalam negeri, maupun luar negeri.

11. Pembayaran lain-lain

Layanan BCA Bisnis bisa digunakan untuk melakukan pembayaran berbagai kebutuhan dan informasi terkait keuangan, yaitu:

  • Informasi kurs Bank Indonesia.
  • Informasi suku bunga.
  • Histori transaksi.
  • Batas Penggunaan Transaksi.
  • Contact BCA (surel).